Pages

Subscribe:

Pages

Jumat, 16 Mei 2014

Introvert : Antara bawaan dan tekanan sosial

Hey yo guys, whatsup? Liburan kemarin Toshi (nama laptop gua) lagi diajak lembur sama bunda gua. Jadi gua gak bisa posting. Gua lumayan kaget pas liat statistik blog, lumayan banyak juga yang berkunjung ke blog gua. Terima kasih. Kalo bisa kasih komen hahaha.


Liburan kemarin, gua gak kemana-mana. Emang dasarnya gua males keluar. Males ketemu orang. Sifat-sifat kayak gua ini bisa disebut anti-sosial. Sifat anti-sosial itu bisa disebabkan karena beberapa hal, diantaranya seseorang anak yang dasarnya Introvert.
Menurut pengertian gua sebagai calon mahasiswa psikologi (Amin.....) Introvert itu semacam sebuah sifat dari manusia yang menikmati dunianya sendiri, menyimpan perasaan sendiri, jarang mengungkapkan ke orang lain. Tapi, bukan berarti orang yang sering ngomong ke orang lain itu selalu Ekstrovet (lawan kata Introvert). Bisa jadi, perbandingan ngomongnya dia ke orang lain sama seringnya dia memendam emosinya itu lebih banyak dia memendam emosi. Dia masih bisa disebut introvert.

Nah, Beberapa penyebab introvert ini ada banyak banget. Bawaan lahir, tekanan sosial, trauma. Banyak deh.
Contoh bawaan lahir itu ya, ada seorang anak yang dilahirkan dari keluarga yang walaupun sering ketemu, tapi jarang banget komunikasi. Komunikasi sebutuhnya. Nah, keluarga ini bisa membawa anaknya menjadi seorang introvert.
Contoh kasus diatas,  bisa dikategorikan seorang anak yang menjadi Introvert karena kebiasaan keluarganya. Keluarga sebagai faktor sosialisasi primer sangat membawa pengaruh besar bagi anggotanya.

Selain itu,  introvert juga bisa diakibatkan karena pemikiran anak tersebut yang gak sejalan sama sistem kerja dunia. Dia memiliki dunianya sendiri dan membuat dirinya malas berinteraksi dengan orang lain.
Orang yang memiliki sifat Introvert tidak salah. Yang salah, kalau dia keterusan dan membuatnya menjadi seseorang yang antisosial. Jika anda memiliki pacar, sahabat, saudara yang introvert, jangan sampai dikucilkan. Karena, pengucilan tersebut bisa mengakibatkan orang introvert menjadi seorang yang anti sosial, dan itu bahaya guys.

Ciao.

0 komentar:

Posting Komentar